Menu Close

Mending Mana Ya, Beli Tablet atau Smartphone?

Dibandingkan tablet, smartphone masih jadi pilihan utama orang ketika butuh alat komunikasi yang sekaligus bisa memudahkan aktivitas sehari-hari seperti mengakses internet banking, nonton tayangan streaming, gaming, media sosial, dan masih banyak lagi. 

Namun, ada kalanya ada juga berbagai aktivitas yang lebih enak dilakukan via tablet dibanding smartphone, karena ukurannya yang lebih lebar. Seperti meeting, mencatat MoM, mengerjakan task-task simple, hingga desain. 

Kondisi tersebut, mungkin membuat dilema sebagian orang. Terutama mereka yang tertarik beli HP flagship atau tablet baru. Dengan harga yang kurang lebih mirip-mirip, mending yang mana sih antara tablet atau smartphone?

Saat ini, iPad masih menjadi tablet unggulan yang jadi favorit orang. Beberapa produsen gadget seperti Samsung dan Lenovo juga masih kerap merilis tablet terbarunya. Contohnya Samsung Galaxy Tab S7 dan Lenovo Pad P11 Pro. 

Jika bingung, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mengenali kebutuhanmu lebih dulu. Apakah kebutuhanmu bisa dicover dengan smartphone? Atau justru butuh tablet seperti halnya untuk kebutuhan desain? 

Yang kedua, bagaimana dengan budget yang kamu miliki? Apakah budget tersebut terbatas untuk beli smartphone mid-range, atau masih masuk untuk beli tablet dengan spesifikasi oke?

Nah, yang ketiga, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dari tablet dan smartphone sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut. Yuk, simak

Perbandingan Kelebihan Tablet vs Smartphone

Berikut ini adalah poin-poin perbandingan kelebihan tablet dan smartphone. Secara umum, tablet baik itu Android atau iOS/iPad, memiliki kelebihan berikut ini: 

  1. Ukuran layar tablet rata-rata berkisar antara 7-10 inch lebih. Ini bisa membuat berbagai aktivitas yang dilakukan via tablet jadi lebih nyaman dan maksimal. Bukan hanya untuk akses media sosial, tetapi juga mengerjakan aneka pekerjaan seperti kirim email, desain, meeting,  mengetik dokumen, baca buku, dan masih banyak lagi. 
  2. Dengan layarnya yang lebar, tablet akan lebih cocok jika dihubungkan dengan keyboard bluetooth. Sehingga, apabila kamu tipe orang yang mobile dan suka mengurus pekerjaan secara online, tablet akan sangat berguna untuk membantu aktivitas kamu jadi lebih ringan dan simple. 
  3. Sering presentasi? Selain laptop, tablet juga bisa jadi pilihan tepat untuk membuat slide presentasi. Bukan hanya itu, tablet juga mudah dibawa kemanapun dibanding laptop, terutama untuk kebutuhan presentasi.
  4. Tablet jarang mengalami crash atau aplikasi tiba-tiba mati dan tertutup sendiri jika dibandingkan smartphone. 
  5. Untuk kamu yang berprofesi sebagai desainer dan seniman, tablet juga lebih nyaman digunakan untuk mendesain. Terlebih iPad yang ada pencil pendukungnya.

Untuk smartphone, berikut ini beberapa kelebihannya yang mungkin sudah kamu sadari: 

  1. Praktis dan simple dibawa ke mana pun termasuk di kantong. 
  2. Harga dan tipe smartphone lebih bervariasi dibanding tablet. Mulai dari yang murah (entry level), sampai yang mahal (flagship). 
  3. Untuk panggilan telepon, smartphone lebih enak dan praktis digunakan dibanding tablet. 
  4. Smarpthone juga bisa dihubungkan dengan keyboard bluetooth untuk kamu yang perlu mengatur pekerjaan. 
  5. Kamera pada smartphone lebih mudah digunakan dibandingkan dengan kamera pada tablet. 

Perbandingan Kekurangan Tablet vs Smartphone

Setelah kelebihannya, berikut ini adalah beberapa poin perbandingan kekurangan tablet vs smartphone. Secara umum, tablet memiliki kekurangan sebagai berikut: 

  1. Kurang lazim mengangkat telepon via tablet tanpa adanya earphone. 
  2. Kamera pada tablet juga agak sulit digunakan karena ukuran tablet yang besar. 
  3. Tidak semua tablet bisa menggunakan kartu SIM. Biasanya konektivitas terbatas pada WiFi saja. 
  4. Harga setara dengan laptop. 
  5. Dukungan pembaruan pada tablet Android kurang baik. 

Sementara itu, berikut ini beberapa kekurangan smartphone: 

  1. Kurang bisa digunakan multitasking, terutama HP entry level atau mid range. 
  2. Trennya sangat cepat berganti. 
  3. Sulit digunakan untuk aktivitas produktif seperti mengurus pekerjaan. 
  4. Layarnya tidak terlalu besar seperti tablet. 

Kesimpulan: semua kembali lagi pada kebutuhanmu

Mau beli salah satu atau dua-duanya, semua kembali lagi pada aktivitas dan kebutuhanmu. Baik smartphone atau tablet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, saat ini, tipe tablet tidak terlalu banyak variasi dibandingkan dengan smartphone. Jadi, alangkah baiknya jika kamu melakukan riset lebih jauh jika ingin membeli sebuah tablet yang pas untuk kebutuhanmu. 

Bagi kamu yang lebih tertarik beli smartphone flagship dibanding tablet dan mau kredit, ada opsi kredit dengan aplikasi kredit HP tanpa DP seperti Kredivo yang bisa kamu coba. Kelebihannya, aplikasi Kredivo bisa digunakan oleh kamu yang mau kredit tapi nggak punya kartu kredit. 

Selain limit kreditnya bisa mencapai hingga Rp 30 juta, suku bunga Kredivo untuk cicilan HP dan barang lainnya juga bisa 0% lho untuk tenor 1 dan 3 bulan. Sementara untuk tenor 6 dan 12 bulan, bunganya juga rendah dan nggak kalah dengan kartu kredit. Cuma 2,6% per bulan, tanpa DP, dan tanpa ribet!

Sebagai aplikasi kredit HP tanpa DP, kamu bisa menggunakan Kredivo untuk ambil cicilan HP idamanmu di berbagai merchant rekanan Kredivo. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Bhinneka, Erafone, Xiaomi Store, Samsung Store, dan masih banyak lagi. 

Tertarik coba? Daftar Kredivo sekarang, yuk. Download aplikasinya di Google Play Store atau App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *